Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Cara Kerja Kulkas

Setelah membahas AC ( Air Conditioner) sekarang kita beralih pada postingan tentang sistem cara kerja kulkas yang patut anda ketahui, di bawah ini akan di jelaskan sesingkatnya saja oleh Assyifa Teknik dari awal sampai akhir bagaimana cara kerja kulkas di rumah Anda.

Dan komponen penting apa saja yang membuat kulkas berkinerja optimal menjalankan performanya.

Cara Kerja Kulkas,Sistem Cara Kerja mesin Kulkas

Komponen kulkas ini sama halnya dengan kehidupan manusia yang bergotong royong atau berkelompok dan mempunyai fungsi dan tugasnya masing-masing dalam arti saling menunjang satu sama lainnya.Maka apabila ada salah satu anggota komponen kulkas tersebut rusak atau tidak bekerja dapat di pastikan performa kerjanya pun menurun bahkan dapat matot alias mati total.

Untuk hal ini anda dapat konsultasikan kepada team ahli service kulkas Assyifa Teknik

Kita langsung pada pokok bahasannya saja, jadi sederhananya ada 3 langkah bagaimana kulkas atau lemari es bekerja:

Refrigeran dingin diedarkan di sekitar makanan yang disimpan di dalam lemari es.
Refrigeran menyerap panas dari makanan.
Refrigeran mentransfer panas yang diserap ke lingkungan luar yang relatif lebih dingin.

Kebanyakan orang tidak akan tahu apa yang harus dilakukan tanpa kulkas, karena ada beberapa hal yang dapat menenangkan tenggorokan Anda yang kering seperti halnya segelas air dingin.

Meskipun ada teknik yang digunakan orang pada zaman kuno untuk mengisi air dingin, itu pasti tidak semudah membuka pintu di rumah dan mengeluarkan sebotol air dingin. Meskipun mereka bisa mendapatkan air dingin untuk diminum, mereka pasti tidak memiliki apa pun yang dapat membuat makanan mereka tetap segar selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Untungnya, kami memiliki sesuatu yang dapat melakukan semua hal ini untuk kami yaitu mesin kulkas!

Pada artikel ini, kita akan melihat ilmu tentang cara kerja kulkas, khususnya bagian-bagian berbeda dari lemari es dan bagaimana mereka bekerja sama untuk mengawetkan makanan kita untuk waktu yang lama.

Bagaimana cara kerja mesin kulkas?


Prinsip cara kerja kulkas

Prinsip cara kerja lemari es ( pendingin secara umum) sangat sederhana: ini melibatkan penghilangan panas dari satu daerah dan pengendapannya ke daerah lain. Saat Anda melewatkan cairan bersuhu rendah di dekat objek yang ingin Anda dinginkan, panas dari objek tersebut ditransfer ke cairan, yang menguap dan menghilangkan panas dalam prosesnya.

Anda mungkin sudah tahu bahwa gas memanas saat Anda mengompresnya dan mendingin saat dibiarkan mengembang. Itu sebabnya pompa sepeda terasa hangat saat digunakan untuk memompa udara ke dalam ban, sedangkan parfum yang disemprotkan terasa dingin.

Kecenderungan gas menjadi panas saat dikompresi dan dingin saat mengembang, bersama dengan bantuan beberapa perangkat bagus, membantu lemari es mendinginkan barang yang disimpan di dalamnya.

Bagian-bagian kulkas

Kulkas terdiri dari beberapa komponen utama yang memainkan peran penting dalam proses pendinginan:

Katup ekspansi

Juga disebut sebagai perangkat kontrol aliran, katup ekspansi mengontrol aliran refrigeran cair (juga dikenal sebagai 'pendingin') ke evaporator. Ini sebenarnya adalah perangkat yang sangat kecil yang sensitif terhadap perubahan suhu refrigeran.
Kompresor

Kompresor terdiri dari motor yang 'menyedot' refrigeran dari evaporator dan cara kerja nya adalan mengompres kedalam silinder untuk menghasilkan gas bertekanan tinggi yang panas.

Saat panas refrigeran dihilangkan, suhu refrigeran turun ke suhu kondensasi, dan refrigeran berubah wujud dari uap menjadi cair.

Refrigerant

Juga sering disebut sebagai pendingin, cairan inilah yang membuat siklus pendinginan tetap berjalan. Ini sebenarnya adalah bahan kimia yang dirancang khusus yang mampu berubah-ubah antara menjadi gas panas dan cairan dingin.

Pada abad ke-20, fluorokarbon, terutama CFC, merupakan pilihan umum sebagai zat pendingin. Namun, mereka digantikan oleh refrigeran yang lebih ramah lingkungan, seperti amonia, R-290, R-600A, dll.

Bagaimana cara kerja kulkas tersebut

Cara kerja kulkas tersebut adalah dari komponen Refrigeran, yang awalnya dalam keadaan cair, kemudian melewati katup ekspansi dan berubah menjadi gas dingin karena penurunan tekanan yang tiba-tiba.

Saat gas refrigeran dingin mengalir melalui lemari pendingin, ia menyerap panas dari makanan di dalam lemari es. Refrigeran, yang sekarang menjadi gas, mengalir ke kompresor, yang menghisapnya di dalam dan memampatkan molekul bersama-sama untuk membuatnya menjadi gas panas bertekanan tinggi.

Sekarang, gas ini diangkut ke kumparan kondensor (pipa radiator tipis) yang terletak di bagian belakang lemari es, di mana kumparan membantu menghilangkan panasnya sehingga menjadi cukup dingin untuk mengembun dan diubah kembali menjadi fase cairnya. Karena panas yang dikumpulkan dari makanan disalurkan ke lingkungan melalui kondensor, terasa panas saat disentuh.

Setelah kondensor, refrigeran cair berjalan kembali ke katup ekspansi, di mana ia mengalami penurunan tekanan dan sekali lagi menjadi gas dingin. Kemudian menyerap panas dari isi lemari es dan seluruh siklus berulang.

Itulah sedikit pengetahuan bagaimana cara kerja kulkas dan apa saja komponen-komponen kulkas yang mempunyai fungsi masing-masing.

Apabila ada kekurangan dalam artikel ini mohon di maklumi dan di ma'afkan,silahkan untuk berbagi artikel ini ke teman-teman anda.

Assyifa Teknik adalah team Jasa Service Kulkas Terpercaya di Kota Bekasi : profesional,berpengalaman dengan tarif jasa terjangkau (murah) juga bergaransi

Posting Komentar untuk " Sistem Cara Kerja Kulkas"